Forum Nasional “Indonesian Healthcare Quality Network” ke-19 Mataram

Pada tanggal 8-11 Agustus 2023. Koordinator Pusat Akreditasi dan Sertifikasi Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sam Ratulangi dr. Grace E. C. Korompis, MHSM, DrPH mengikuti Forum Nasional “Indonesian Healthcare Quality Network ke-19 di Lombok-Mataram. Peningkatan mutu pendidikan tinggi khususnya pendidikan profesi kedokteran dan kesehatan semakin dituntut agar berkualitas dan berdaya saing tinggi. Mutu layanan kesehatan memainkan peran penting dalam menghadapi tantangan tersebut , termasuk diantaranya peningkatan aksesibilitas melalui sistem kesehatan yang tangguh dan harus mampu memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi semua orang, terutama kelompok rentan, termasuk akses yang mudah terhadap fasilitas kesehatan, tenaga medis yang terlatih, dan obat-obatan yang diperlukan. Termasuk diantaranya peningkatan kualitas pelayanan melalui pendidikan dan pelatihan tenaga medis, peningkatan infrastruktur fasilitas kesehatan, serta penggunaan teknologi medis yang mutakhir, pencegahan dan promosi kesehatan, kapasitas yang cukup untuk menghadapi kejadian darurat kesehatan, Kolaborasi yang erat antara berbagai pemangku kepentingan akan memperkuat resiliensi sistem kesehatan dan memungkinkan pertukaran pengetahuan dan sumber daya yang lebih efektif, penggunaan teknologi serta Investasi pembiayaan yang cukup dalam sistem kesehatan.

Untuk melihat bagaimana resiliensi indonesia menyelesaikan tantangan global bidang kesehatan mengedepankan mutu dan keselamatan pasien. Oleh karena itu, forum ini dikembangkan dalam kemitraan erat dengan mitra strategis daerah, bertujuan untuk mempertemukan para profesional kesehatan yang memiliki perhatian dan semangat untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pelayanan kesehatan mempelajari praktik-praktik terbaik terutama pengalaman dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan.
Keikutsertaan Universitas Sam Ratulangi dalam kegiatan tahunan yakni Forum Nasional Indonesian Healthcare Quality Network (IHQN) ke 19 dengan tema “Resiliensi Indonesia Mengatasi Tantangan Global Mutu Bidang Kesehatan”. Forum ini dikembangkan dalam kemitraan erat dengan mitra strategis daerah, bertujuan untuk mempertemukan para profesional kesehatan yang memiliki perhatian dan semangat untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pelayanan kesehatan.

Manfaat pembuatan laporan ini adalah:

  1. Mendapatkan informasi terkini mengenai mutu dan keselamatan pelayanan kesehatan mempelajari praktik-praktik terbaik terutama pengalaman dalam meningkatkan mutu layanan Kesehatan.
  2. Mengembangkan jaringan dengan badan/ lembaga akreditasi khususnya untuk bidang kesehatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.