Benchmarking Penerapan SPMI dan Akreditasi Internasional di Universitas Gajah Mada

Tanggal 25 Agustus 2023 Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sam Ratulangi Manado melaksanakan kegiatan benchmarking Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Akreditasi Internasional di Universitas Gajah Madah.

Peningkatan mutu UNSRAT terus dilakukan oleh unsur pelaksana penjaminan mutu mulai dari program studi sampai tingkat fakultas bahkan institusi. Pelaksanaan SPMI untuk Universitas Sam Ratulangi dilakukan melalui penerapan PPEPP. Universitas Sam Ratulangi dalam implementasi SPMI juga melaksanakan siklus PPEPP. Salah satu komponen dalam PPEPP yaitu peningkatan mutu perguruan tinggi melalui benchmarking penerapan SPMI dan akreditasi internasional.

Pelaksanaan kegiatan benchmarking ini adalah berkaitan dengan penerapan SPMI dan akreditasi internasional dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah Prodi yang terakreditasi Nasional dan Internasional.

Kegiatan benchmarking penerapan SPMI dan akreditasi internasional dilaksanakan pada 25 Agustus 2023 di Kantor Satuan Penjaminan Muta dan Reputasi Universitas (SPMRU) dan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Peserta benchmarking penerapan SPMI dan akreditasi internasional terdiri dari Koorpus AMI dan Kajian SPMI, Kepala Laboratorium Penjaminan Mutu Fakultas, Ketua Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana dan Pengadministrasi Keuangan Lembaga Penjaminan Mutu.

Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa :

  1. Implementasi SPMI melalui siklus PPEPP penting dalam menunjang akreditasi Nasional, Internasional dan pemeringkatan perguruan tinggi.
  2. Akreditasi Internasional melalui ASIIN membutuhkan persiapan SAR (bisa join SAR), membutuhkan pendampingan dari universitas lain yang telah mendapat akreditasi internasional ASIIN seperti Fakultas Peternakan UGM.