Pelatihan Sertifikasi Peningkatan Kompetensi Auditor Mutu (Certified Information System Auditor (CISA)

Dr.Eng. Steven Ray Sentinuwo, ST., MTI selaku Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sam Ratulangi Manado dan Oktavian A. Lantang, ST, MTI, PhD selaku Dosen Fakultas Teknik Unsrat mengikuti kegiatan Pelatihan Sertifikasi Peningkatan Kompetensi Auditor Mutu di Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh lembaga pelatihan Multimatics dan diikuti oleh 19 orang peserta yang berasal dari berbagai organisasi dan institusi di Indonesia, seperti Bank Indonesia, OJK, Astra International, PAMA, dan LKPP.

Keseluruhan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 – 28 Oktober 2023. Training itu sendiri dilaksanakan di Multimatics Jakarta pada tanggal 23 – 27 Oktober 2023. Bentuk kegiatan meliputi ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan tanya jawab.

Kegiatan pelatihan ini berlokasi di Training Multimatics Jakarta, Menara AXA Tower Kuningan Jakarta.

Setelah mengikuti Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Peningkatan Kompetensi Auditor Mutu (CISA) ini maka peserta telah mendapatkan pengetahuan dan kompetensi terkait proses dan tahapan (best practices) dalam kegiatan penilaian Mutu Institusi sesuai dengan standar CISA ISACA. Melalui kegiatan ini pula telah didapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam menilai dokumen terkait Sistem Informasi institusi sebagai dokumen yang dibutuhkan dalam proses penilaian audit Institusi.

Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Peningkatan Kompetensi Auditor Mutu (CISA) yang diikuti ini merupakan kegiatan yang sangat berharga dan bermanfaat untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam rangka pengembangan dan penjaminan mutu Universitas Sam Ratulangi sesuai dengan standar Internasional.
Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan melalui kegiatan workshop ini maka didapatkan beberapa poin kesimpulan sebagai berikut:

  1. Pengetahuan yang Mendalam: Peserta pelatihan telah memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang audit sistem informasi, manajemen risiko, dan keamanan informasi. Mereka akan memahami prinsip-prinsip, praktik terbaik, dan metodologi
    yang relevan dalam mengaudit sistem informasi.
  2. Kemampuan Audit yang Ditingkatkan: Setelah pelatihan, peserta telah memiliki keterampilan audit yang lebih baik, termasuk kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi audit sistem informasi dengan lebih efisien dan
    efektif.
  3. Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik: Peserta telah mampu mengidentifikasi risiko yang terkait dengan teknologi informasi dan mengembangkan strategi pengelolaan risiko yang lebih kuat untuk melindungi aset informasi organisasi.
  4. Kepatuhan yang Ditingkatkan: Pelatihan CISA telah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang persyaratan kepatuhan yang berlaku dalam berbagai sektor, memungkinkan peserta untuk membantu organisasi mematuhi regulasi dengan lebih baik.
  5. Peningkatan Keputusan: Peserta telah memiliki kemampuan yang ditingkatkan dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis yang lebih dalam tentang sistem informasi dan risiko yang terkait.
  6. Integritas dan Etika Profesional: Pelatihan CISA juga menekankan integritas dan etika profesional dalam pekerjaan. Peserta diharapkan untuk menjunjung tinggi standar etika tinggi dalam audit sistem informasi.
  7. Pembaruan Pengetahuan Berkelanjutan: Dengan pembaruan berkala yang diperlukan untuk menjaga sertifikasi CISA, peserta diingatkan untuk terus belajar dan berkembang dalam lingkungan teknologi yang selalu berubah.
  8. Kontribusi yang Lebih Baik pada Organisasi: Secara keseluruhan, peserta pelatihan CISA diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik pada organisasi mereka dengan memastikan keamanan informasi yang lebih baik, manajemen risiko yang lebih efektif, dan kepatuhan yang ditingkatkan.

Untuk mencapai standar mutu pengelolaan Sistem Informasi sesuai yang diharapkan maka dibutuhkan kolaborasi dan masukan dari setiap stakeholder khususnya terkait dengan proses Penjaminan Mutu Internal (Internal Quality Assurance). Sehingga proses evaluasi dan perbaikan mutu akan tetap berjalan berkesinambungan menjadi lebih baik.