Benchmarking LPM Unsrat ke LP3M Universitas Udayana

Dalam rangka upaya peningkatan mutu Universitas Sam Ratulangi, Lembaga Penjaminan Mutu Unsrat melakukan benchmarking ke Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana. Kegiatan benchmarking ini berlangsung pada hari Rabu, 24 Juli 2024 di Kantor LP3M Universitas Udayana.

Tiba di Kantor LP3M Universitas Udayana, Tim Benchmarking LPM Unsrat yaitu : 1) Prof. Femi Hadidjah Elly, MP, 2) dr. Grace Esther C. Korompis, MHSM, Dr.PH, 3) Dr. Eng. Stenly Tangkuman, ST, MT,  4) Dr. Ir. Jane S.I.T. Onibala, M.Sc., Agr. 5) Herlan R. Sambeka, SE, disambut oleh Tim LP3M Universitas Udayana dipimpin oleh Sekretaris LP3M, Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA didampingi oleh beberapa Kepala Pusat LP3M Udayana.

Pada sesi pertemuan yang berlangsung antara delegasi LPM Unsrat dan LP3M Udayana kedua belah pihak berdiskusi secara intensif mengenai pengelolaan SPMI yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, penerapan AMI di berbagai level/jenjang, prosedur pelaksanaan AMI dan SPMI, sistem informasi pendukung yang digunakan dalam AMI dan SPMI serta dokumen SOP dan Manual Prosedur yang ada dalam bidang penjaminan mutu Universitas Udayana serta Akreditasi Internasional Program Studi. Kunjungan ini bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya terkait mekanisme pelaksanaan Audit Mutu Internal yang baik dan terarah dan Pelaksanaan Akreditasi Internasional Program Studi.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris LP3M Prof. Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA mengapresiasi langkah Universitas Sam Ratulangi yang selalu konsisten menjaga dan menjamin mutu pendidikan di lingkungan Universitas Sam Ratulangi sehingga tata kelola penjaminan mutu telah berjalan dengan sangat baik. Ketua Tim Benchmarking LPM Universitas Sam Ratulangi, Prof. Femi H. Elly, MP juga menyatakan bahwa Universitas Sam Ratulangi banyak belajar mengenai penjaminan mutu dari Universitas Udayana yang sudah lebih berpengalaman dalam bidang tersebut. Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan sesi bertukar pengalaman, informasi dan pemahaman mengenai Akreditasi Internasional serta strategi kegiatan penjaminan mutu pendidikan yang efektif. Kegiatan benchmarking diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan souvenir dari Sekretaris LP3M Universitas Udayana kepada Ketua Tim LPM Universitas Sam Ratulangi. Diharapkan, melalui kegiatan ini, akan tercipta inovasi-inovasi baru dalam peningkatan mutu pendidikan yang memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat serta berdampak pada perkembangan perguruan tinggi dan komitmen kuat untuk selalu meningkatkan kualitas penjaminan mutu di masing-masing Universitas.